Koramil 0815/09 Mojosari Hadirkan SIMOKOS Di Lima Sekolah


MOJOKERTO, - Koramil 0815/09 Mojosari Kodim 0815 Mojokerto selama sepekan mensosialisasikan Simokos Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial (SIMOKOS) di lima sekolah yang ada di wilayah binaannya.  Salah satunya Sekolah Dasar Islam (SDI) Baburohmah Dusun Jurangsari Desa Belahan Tengah Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at  (21/09/2018).  

Bati Bakti TNI Koramil 0815/09 Mojosari Pelda Nasrudin menjelaskan, Sarana Interaksi Motor Komunikasi Sosial yang disingkat SIMOKOS merupakan perpustakaan mini keliling sebagai sarana belajar.

Dihadapan 141 siswa/siswi, dijelaskan pula dalam SIMOKOS tersebut terdapat beragam buku bacaan, seperti pengetahuan umum, TNI, Pertanian, Wawasan Kebangsaan, dan lain-lain. Bukan hanya itu, Simokos juga dilengkapi Televisi LED untuk memutar slide dan film-film dokumenter sebagai alat bantu dalam memberikan materi Wawasan Kebangsaan. 

Kepala Sekolah SDI Baburohmah, Irji’i, sangat merespon positif atas kehadiran SIMOKOS Kodam V/Brawijaya.  Kasek juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran anggota TNI dari Koramil Mojosari atas kehadirannya di SDI Baburohmah.

“Kehadiran SIMOKOS ini tentunya akan menambah pengetahuan dan wawasan anak didik kami, sehingga akan lebih termotivasi untuk gemar membaca dan meningkatkan semangat kebangsaan para siswa. Harapan kami kegiatan seperti ini tidak hanya sekali ini saja namun dilakukan secara terjadwal ,” ungkapnya.
        
Berikutnya, Serda Dwi Hartono memberikan materi wawasan kebangsaan (Wasbang) tentang Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Kedisiplinan dilanjutkan dengan membaca beragam buku bacaan yang tersedia di perpustakaan mini SIMOKOS. 

Bahkan untuk memompa semangat, para siswa/siswi juga diajarkan yel-yel yang dipandu Babinsa Belahan Tengah, Kopda Mudakir. Tidak hanya sampai di situ, para siswa/siswi juga diajarkan permainan Wasbang berupa bola tali dan holahop oleh Tim SIMOKOS Koramil Mojosari, Serda Kasiadi dan lima orang Babinsa lainnya. 

Kehadiran SIMOKOS di SDI Baburohmah tersebut disambut para siswa dengan suka cita dan penuh antusias, hal ini terungkap dari pernyataan salah satu siswi, Amelia, yang menyatakan rasa senangnya dengan kehadiran SIMOKOS. 

“Saya dan teman-teman sangat senang sekali dengan adanya SIMOKOS ke sekolah kami karena bisa menambah ilmu pengetahuan dengan membaca buku-buku yang tersedia dan melalui permainan outbond telah mengajari kami kedisiplinan dan kekompakan sehingga,” ujarnya. 

Sebelumnya, Senin (17/09) Tim Simokos Koramil 0815/09 Mojosari yang dipimpin Bati Tuud Serma Teddy Maryono, telah mengoperasionalkan SIMOKOS di SDN 1 Mojosulur yang diikuti sejumlah 156 siswa/siswi serta dihadiri Kepala Sekolah beserta para guru.

Sebelumnya, Senin (17/09) Tim Simokos Koramil 0815/09 Mojosari yang dipimpin Bati Tuud Serma Teddy Maryono, telah mengoperasionalkan SIMOKOS di SDN 1 Mojosulur yang diikuti sejumlah 156 siswa/siswi serta dihadiri Kepala Sekolah beserta para guru. Berikutnya Selasa (18/09) di SDN Kauman Kelurahan Kauman diikuti 65 orang siswa/siswi, pada Rabu (19/09) di SMP Pahlawan Kelurahan Kauman yang diikuti 132 siswa/siswi.

Kemudian Kamis (20/09/2018), Bati Komsos Pelda Ikhsan Jainudin menghadirkan SIMOKOS di Madrasah lbtidaiyah (MI) Mambaul Ulum Desa Awang-Awang yang diikuti 160 siswa/siswi dan dihadiri Kepala Sekolah Ml Mambaul Ulum, Munajat, S.Pd.I beserta 6 orang guru. *Pendim-0815*


from Portal Berita Militer https://ift.tt/2OIWRTt
Portal Berita Militer