Donald Trump, Tillerson Bantah Isu Penggantian Menlu AS dengan Direktur CIA

WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson kembali membantah isu yang menyebutkan dirinya akan segera meninggalkan jabatannya. Sepekan terakhir beredar kabar bahwa posisi mantan eksekutif Perusahaan Minyak Exxon itu akan digantikan oleh Direktur Badan Intelijen AS (CIA), Mike Pompeo.



Dalam wawancara singkat dengan jurnalis, Tillerson menegaskan bahwa kabar tersebut sama sekali tidak benar. Sebelumnya, Tillerson telah mengatakan, isu mengenai penggantian dirinya perlu ditertawakan.

“Orang-orang perlu mendapatkan sumber informasi yang lebih baik. Saya akan berada di sini selama saya bisa efektif dan menghasilkan sesuatu. Kami menghasilkan banyak hal,” kata Tillerson sebagaimana dilansir dari Reuters, Minggu (3/12/2017).

Kabar mengenai penggantian Tillerson muncul setelah beberapa pejabat senior dalam Pemerintahan AS mengatakan Presiden Donald Trump sedang mempertimbangkan untuk mendepak Menlu AS tersebut. Hubungan antara Tillerson dengan Trump disebut tidak akur karena perbedaan sikap terkait kebijakan AS terhadap Korea Utara (Korut).

Ini bukan pertama kalinya pria berusia 65 tahun itu diisukan akan diganti. Pada Oktober lalu, Tillerson menegaskan kembali dukungannya untuk Trump setelah dia diisukan akan mengundurkan diri.

Senada dengan Tillerson, Trump juga membantah laporan yang dilansir oleh surat kabar terkemuka New York Times itu. Dalam tweet-nya, suami dari Melania itu mengatakan dia dan Tillerson bekerja sama dengan baik dan diplomat itu tidak akan diganti.






Situs Liputan.ORG , Portal Berita OnlineIndonesia Terbaru dan Terupdate
Sumber yang kami dapat berasal dari berbagai sumber online dan Sumber lapangan langsung

FOR INFO CALL US
08155559151
[email protected]